RSS

Selalu Ada Masalah

30 Aug

problem-masalah-kehidupanSemua manusia tak ada yang luput dari masalah, baik yang berkaitan dengan pribadinya, keluarga, pertemanan, sekolahnya, pekerjaan, atau pun masalah ekonomi. Yang dah cukup ekonominya pun kadang diterpa masalah, persaingan dalam karir-bisnis, masalah tekanan dalam pekerjaan, antara memilih karir atau keluarga. Adapula orang yang susah mendapatkan keturunan walaupun dia telah bebas dari masalah-masalah tersebut diatas. Orang yang cerdas tentunya menyikapi berbagai masalah yang menimpa dengan hikmah dan kepala dingin. Jangan pernah anda mimpi hendak tidak mempunyai masalah selama anda adalah seorang manusia. Orang yang hidup pasti ada masalah. Tapi jangan kira orang yang telah mati tidak akan mempunyai masalah. Jadi jangan sampai ada niat mati bunuh diri untuk lari dari masalah yang anda hadapi. Berkeluh kesahlah kepada Zat (Allah Ta’ala) yang telah menimpakan masalah dan yang sanggup untuk menghilangkan masalah.

Begitulah hakekat kehidupan di dunia. Tiada manusia yang luput dari masalah. Tiada manusia yang langgeng dalam kebahagiaan ataupun sebaliknya selalu terpuruk dalam kesedihan. Tiada manusia yang sempurna. Kalau kau dikaruniai paras yang rupawan boleh jadi kau tidak punya bakat untuk jadi jutawan. Kalaupun kau rupawan, juragan dan dermawan, bisa saja kau tidak punya keturunan. Kalau anda cantik jelita, berada dan kaya raya, boleh jadi anda ditakdirkan menjadi perawan tua dan dapat perjaka tua atau duda.

Roda kehidupan selalu berputar kawan, kadang diatas kadang di bawah. Ketika anda sedang diatas, janganlah terlalu gembira lupa daratan. Boleh jadi roda kehidupan anda besok akan bergeser ke bawah. Tatkala anda di bawah, janganlah merasa rendah dan tetaplah tabah. Orang yang bijak adalah orang yang bersyukur tatkala mendapat karunia dan bersabar ketika mendapat musibah.

Jangan pernah kau berprasangka sempitnya rejeki mu karena Allah telah menghinakanmu ataupun terbesit dalam pikiranmu bahwa Allah Ta’ala telah memuliakanmu dengan lapangnya rejekimu. Tidak begitu kawan… Allah telah menetapkan rejeki, jodoh, kematian dan itu menjadi rahasia-Nya. Kalau kau merasa kekuatan merupakan faktor penyebab banyak-sedikitnya rejeki, tentulah burung pipit yang mungil tak akan mendapat rejeki karena kalah saing dengan burung-burung yang lebih besar. Kalaupun tercecer segelas susu yang menjadi rejekimu, kau akan mendapatkannya sebelum ajal menjemputmu.

Betapa banyak anak orang fakir yang menjadi kaya raya, dan betapa banyak anak juragan menjadi pedagang asongan. Kalaupun seluruh penduduk bumi bersepakat hendak menahan rejekimu, tentulah mereka tidak akan sanggup melakukannya selagi itu adalah jatah rejekimu. Kalau para juragan sepakat memberimu rejeki kepadamu, memberikan pekerjaan kepadamu, kalau itu bukan jatah rejekimu ada saja penghalang-penghalangya. Yang terpenting adalah memperbaiki usahamu dalam mencari rejeki.

Alangkah meruginya dikau yang menghalalkan segala cara dalam mencari rejeki, padahal jatah rejekinya tidak akan lari darinya. Jatah rejekinya tidak akan salah tempat, jatuh diterima orang lain. Jatah rejekinya tidak akan pernah diambil orang lain. Dan jatah rejekinya tidak akan pernah melampaui atau terkurangi dari kadar yang telah ditetapkan untuknya. Maka yang terpenting perbaiki cara-cara, usaha anda dalam mencari rejeki. Pergunakanlah cara-cara yang dihalalkan Allah Ta’ala.

Demikian pula jodoh anda adalah karunia dan rahasia Allah Ta’ala. Betapa banyak orang yang tidak pernah ketemu sama sekali, ketemu sekali langsung ke pelaminan. Betapa banyak orang yang mencari pasangan mengembara sampai ke negeri orang, ternyata jodohnya adalah teman sepermainan ketika kecil. Betapa banyak pinangan dah diterima, undanganpun dah disebar dan hari H telah tiba, tapi tiba-tiba calon temanten telah tiada. Bukankah jodoh adalah rejeki kawan. Boleh jadi kau mengharapkan calon istri yang demikian-demikian, ternyata anda mendapat yang sebaliknya. Boleh jadi engkau mengharapkan sesuatu padahal hal itu tidak baik bagimu. Atau boleh jadi engkau membenci sesuatu, padahal hal tersebuat adalah baik bagimu. Allah Maha mengetahui sedangkan anda tidak mengetahui hal-hal yang ghaib, hikmah-hikmah dibalik peristiwa dan kejadian.

 
 

Tags: , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: