RSS

Menghilangkan Penyebab Kesedihan, Ikhtiar dan Doa

24 Mar

Artikel berikut masih merupakan sambungan artikel-artikel terdahulu tentang Kiat-kiat menggapai hidup bahagia, yang disadur dari buku yang sama. Termasuk dan terkait dalam hal-hal yang dapat mendatangkan kesenangan dan menghilangkan kesedihan adalah “Berusaha menghilangkan faktor yang menyebabkan kesedihan tersebut serta berusaha mencari faktor yang dapat mendatangkan kesenangan yang diinginkan” (Tips pertama). Caranya yaitu melupakan musibah-musibah yang sudah berlalu dan tidak mungkin diatasi. Juga harus memahami, menyibukkan pikiran dengan hal-hal tersebut adalah perbuatan sia-sia, tidak berguna dan gila.

Dengan demikian dia berusaha agar hatinya tidak lagi memikirkan hal-hal tersebut, berusaha menghilangkan kegelisahan hatinya, kekurangan dirinya, perasaan takut atau lainnya dari kekawathiran yang dia bayangkan pada masa depan. Maka harus dipahami bahwa masa depan tidak bisa diketahui, termasuk didalamnya masalah kebaikan, keburukan, harapan-harapan dan musibah. Semuanya berada di tangan Allah Subhanahu wa Ta’ala, Yang Maha Perkasa dan Maha Bijaksana. Manusia tidak mempuyai kuasa apa-apa kecuali berusaha mendapatkan kebaikan dan menolak keburukan atau kemudharatan.

Dengan demikian seorang hamba akan mengetahui dan menyadari, apabila dia tidak gelisah memikirkan nasibnya yang akan datang, bertawakal kepada Allah Ta’ala untuk memperbaiki nasibnya serta merasa tenteram dengannya, maka hatinya akan tenang, kondisinya akan membaik dan akan hilang kesedihan dan kegelisahannya.

Termasuk juga hal yang paling berguna untuk menyambut masa depan yang baik adalah “Menggunakan do’a yang pernah dipanjatkan oleh Nabi kita shallallahu ‘alaihi wa sallam;

“Allahumma ashlihlii diinii alladzi huwa ishmatu amrinaa, wa ashlihlii dunyaaya allatii fiihaa ma’aasyii, wa ashlihlii aakhiratii allatii ilaihaa ma’aadii, waj’alil hayaata ziyadatan lii fii kulli khoir, wal mauta rohatan lii min kulli syarr”. (HR. Muslim)

“Ya Allah, perbaikilah agamaku yang merupakan urusan pokokku, perbaikilah duniaku yang di dalamnya terdapat kehidupanku, dan perbaikilah akhiratku yang kesanalah tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini tambahan bagiku dalam setiap kebaikan, dan (jadikanlah) kematian itu keterlepasan bagiku dari setiap keburukan”.

Demikian pula do’a beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam;

“Allahumma rohmataka arjuu falaa takilnii ila nafsii thorfata ‘ain, wa ashlihlii sya’nii kullahu, Laa iLaaha illa anta”. (HR Abu Daud dengan sanad shahih)

“Ya Allah, aku mengharapkan rahmat-Mu, maka janganlah Engkau pasrahkan (urusan)ku pada diriku sendiri walau sekejap matapun. Dan perbaikilah urusanku semuanya. Tidak ada sesembahan yang haq melainkan Engkau”.

Bila seorang hamba memanjatkan do’a ini untuk kebaikan agama dan dunianya pada masa yang akan datang disertai hati yang hadir (ketundukan, kepasrahan & keikhlasan), niat yang benar dan memang berusaha untuk itu, niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala akan mengabulkan do’a, harapan dan apa yang dia usahakan. Sehingga berubahlah kesedihannnya menjadi kebahagiaan dan kesenangan.

——– Bulan-bulan terakhirku di Kuala Lumpur, March 24, 2013 ——–

Saduran kitab kecil (kutaib) dengan judul asli “Al-Wasaail Al-Mufiidah Lil Hayaatis Sa’iidah” yang ditulis oleh syaikh Abdurrahman bin Nashir As-Sa’dy. Edisi Indonesia: “Menggapai Kehidupan Bahagia”.

 
 

Tags: , ,

4 responses to “Menghilangkan Penyebab Kesedihan, Ikhtiar dan Doa

  1. sfirsttama

    March 24, 2013 at 4:41 pm

    Assalamu’alaikum… sangat bermanfaat, terimakasih banyak ilmunya… salam kenal dari saya…😀

     
  2. carabuatweb

    April 19, 2013 at 2:18 am

    kesedihan say amulai pulih….gan makasih

     
  3. admin

    April 20, 2013 at 12:23 am

    Alhamdulillah…

     
  4. resepku

    May 15, 2013 at 1:30 am

    kesedihan itu yang sering terjadi bisanya karena ia jauh dari Allah

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: