RSS

Kiat Meningkatkan Kreatifitas

22 Sep

yok creative...!

Kreativitas merupakan hal yang sangat penting bagi segala aspek dalam kehidupan, baik kaitannya dengan keluarga, bisnis, pekerjaan dan komunitas sosial. Kita semua sebagai manusia dilahirkan dengan potensi kreativitas, dan hal inilah yang membedakan dengan makhluk Allah Ta’ala yang lain.

Segala sesuatu di dunia ini dibentuk dari sejumlah kecil unsur, misalnya suatu zat tersusun dari proton dan elektron, suatu bahan kimia terbentuk dari senyawa karbon dan hidrogen. Lebih jauh lagi, perhitungan matematika sesulit apapun pada dasarnya terdiri hanya sepuluh lambang angka, karya sastra yang hebatpun hanya tersusun dari 26 alfabet. Semuanya menjadi suatu ciptaan yang baru karena berkat kreativitas.

Dengan mengetahui kreativitas sebagai anugerah Sang Pencipta bagi kita semua dan memahami bagaimana proses kita berpikir, kita akan mampu meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam memecahkan masalah yang kita hadapi, mengambil keputusan maupun mengembangkan gagasan. Berikut merupakan sejumlah kiat-kiat untuk mengembangkan kreativitas kita;

1.       Menjelajahi Pikiran dan Eksplorasi

Salah satu ciri orang yang kreatif adalah selalu terbuka dengan gagasan atau kemungkinan baru. Kreativitas berarti kita secara aktif mencari dan mengembangkan gagasan secara terus menerus. Seorang yang kreatif senantiasa berusaha mencari berbagai cara yang berbeda untuk mengerjakan sesuatu dengan keyakinan bahwa ada banyak kemungkinan, peluang, produk, jasa, teman, metode dan gagasan yang menunggu untuk ditemukan dan dicoba. Banyak penemuan dan kemajuan yang signifikan dalam berbagai hal terjadi karena seseorang yang senantiasa menjelajahi pikiran dan mengeksplorasi hal-hal yang belum pernah dipikirkan oleh orang lain sebelumnya.

2.       Mengembangkan Pertanyaan

Bertanyalah tentang apa saja dan selalu bertanya merupakan keharusan bagi kita untuk tumbuh dan berkembang. Kehidupan yang kreatif adalah upaya mencari terus menerus. Jangan menganggap segala sesuatu sudah semestinya (take it for granted), senantiasa pertanyakan dan bertanyalah tentang apapun yang kita lihat, alami dan lakukan dalam kehidupan ini.

3.       Mengembangkan Gagasan Sebanyak-banyaknya

Salah satu cara terbaik untuk mendapatkan gagasan yang bagus adalah mengumpulkan gagasan sebanyak-banyaknya, sebagaimana perkataan pemenang nobel kimia, Linus Pauling; “The best way to get good ideas is to get a lot of ideas”.  Jika kita hanya senantiasa membatasi dengan satu gagasan, satu jawaban, satu cara, dan satu kehidupan yang kita jalani, kita tidak akan pernah memperoleh hal-hal terbaik dalam aktifitas dan kehidupan kita. Latihlah pikiran kita, senantiasa kembangkan kreativitas dan imajinasi kita untuk selalu mencari banyak solusi dan alternatif. Kita harus ingat bahwa banyak sekali pilihan dan alternatif untuk problem yang sedang kita hadapi, boleh jadi alternatif yang lain merupakan solusi terbaik.

4.       Berpikir Keluar dari Kebiasaan Lama (Out of The Box)

Menjadi kreatif sering kali berarti melanggar aturan atau pola-pola lama yang sudah ada, dan mengembangkan cara-cara baru dalam melakukan sesuatu (bukan dalam hal yang menyangkut ibadah tentunya). Jika kita tidak memperoleh hasil yang baik seperti yang kita inginkan dalam berbagai aktifitas kehidupan kita, cobalah untuk melakukan hal yang berbeda. Bagaimana mungkin kita mengharapkan hasil atau keadaan yang berbeda dengan apa yang kita miliki sekarang, jika kita tetap melakukan hal yang sama.

5.       Gunakan Imajinasi

Imajinasi kita tidak dibatasi oleh batasan dunia nyata kita. Imajinasi yang kreatif akan membantu kita untuk mengeksplorasi pilihan-pilihan yang berbeda dan melihat banyak sekali skenario dan peluang.

6.       Isilah Sumber Inspirasi Anda

Mengisi sumber inspirasi kita berarti mengembangkan diri kita untuk lebih waspada dan menyeimbangkan kehidupan kita. Busur panah yang terus menerus ditarik lama kelamaan akan patah. Peliharalah keseimbangan antara kerja dan relaks, kantor dan keluarga, antara dunia dan akhirat kita. Banyak sekali mereka yang berhasil dalam bidang kehidupan, menemukan jalan kesuksesan setelah menarik diri untuk melakukan perenungan dan introspeksi diri.

Semoga bermanfaat.

Jember, 30 Ramadhan 1431 H

(Disadur dari: If You Want to be Rich and Happy-MAXIMIZE YOUR STRENGTH, oleh Aribowo Prijosaksono dan Roy Sembel).

 
1 Comment

Posted by on September 22, 2010 in Motivation, Opinions, Suggestions (Nasehat)

 

Tags: , , , , ,

One response to “Kiat Meningkatkan Kreatifitas

  1. dealer pulsa

    October 17, 2010 at 6:37 am

    tips yang sederhana tapi bermanfaat.terima kasih

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: