RSS

Open House: Tradisi Negeri Jiran Di Bulan Syawal

03 Oct

Kalo di negeri kita, lebaran sudah berlalu seminggu yang lalu. Di negeri Jiran ini suasana lebaran masih terasa sampai habis bulan Syawal. Rumah terbuka (open house) dah menjadi tradisi warga negeri Jiran ini. Masjid-masjid, perkantoran, apartment maupun individu biasanya mengadakan open house untuk mengundang makan-makan  bagi jama’ah, karyawan, penghuni dan rekan-rekannya. Kemarin malam saya mendapat jemputan (undangan) dari masjid kawan-kawan di Kajang. Hari ini kami dijemput oleh kawan sekantor dan masjid jami’ Sri Petaling dekat kantor yang biasa kami sembahyang jum’at disana.

Berhubung kondisi yang tidak memungkinkan, saya hanya bisa memenuhi jemputan rekan-rekan dari masjid jami’ Sri Petaling yang merupakan markas jama’ah tabligh di Malaysia. Jemputan ini ditujukan untuk semua kalangan baik muslim atau non-muslim, bangsa China, Melayu, India, Arab, Pakistan dan lain-lain.

Sebagaimana telah kita ketahui jama’ah tabligh mempunyai pengikut dari berbagai negara di belahan dunia. Maka tak heran kalau kita dapati ada gerai masakan China (Chinese Cuisine) yang di sajikan oleh rekan-rekan dari China daratan, masakan Pakistan oleh rekan-rekan Pakistan dan lain sebagainya.

Masjid ini memang terletak di kawasan yang mayoritas dihuni oleh etnis China, jadi banyak juga warga China yang ikut hadir dalam acara tersebut. Momen ini dimanfaatkan untuk saling berkenalan dan mengenalkan Islam kepada warga China non-muslim. Mereka tak merasa risi ataupun takut dengan sebagian besar rekan-rekan yang panjang dan lebat janggutnya. Satu point positif yang perlu kita contoh sebagai sarana mendakwahkan Islam kepada non-muslim dengan cara sopan dan lemah-lembut.

Banyak juga terlihat wajah-wajah India, Pakistan, Bangladesh (IPB), Afghanistan dan Arab. Semua berkumpul membaur jadi satu. Saya coba mengunjungi gerai Chinese Cuisine dan mencoba masakan mereka, “wah sedap juga tu…”. Kemudian tak lupa kusambangi sate Kajang, Mie Sup, fast food ayam cryspi dan es krim.

Berikutnya, panitia mengumumkan pembagian “duit raya” kepada anak-anak yang berumur dibawah 12 tahun. Kemudian anak-anak kecil yang lucu-lucu dari berbagai ethnis dan bangsa berbaris memanjang beraturan menerima duit raya setelah bersalaman dengan panitia.

Memang saya salut dengan tradisi masyarakat sini yang menjadikan masjid sebagai pusat kegiatan. Waktu masih tinggal di Taman Kajang Utama dulu, bapak-bapak biasa melepak (nongkrong) di tempat  ngumpul dekat dapur masjid untuk berborak-borak (ngobrol) sambil makan-minum yang mereka masak di dapur masjid atau dibawa dari rumah. Sungguh berbeda dengan di tempatku yang suka nongkrong dipinggir jalan dan menganggu orang lewat (baik mereka sadari ataupun tidak). Karena itu rata-rata masjid disini mempunyai dapur, alat masak & makan-minum yang lengkap, tempat ngumpul-nongkrong, dan halaman parkir yang luas.

Sekarang saya tinggal di border antara Kuala Lumpur dan Selangor. Saya amat-amati, masjid disini lebih terasa lagi sebagai pusat kegiatan masyarakat. Sudah menjadi tradisi di masjid sini untuk mengadakan acara khusus untuk memberi hadiah kepada anak-anak para jama’ah yang bisa mencapai nilai A dalam ujian akhir tahunnya. Masjid sini pun mengadakan sambutan dan memberi sumbangan kepada jama’ahnya yang mau berangkat haji. Memang patut dicontoh untuk masjid-masjid di negeri kita. Smoga bermanfaat.

 
2 Comments

Posted by on October 3, 2009 in My Stories, Opinions, Suggestions (Nasehat)

 

Tags: , , , , , , ,

2 responses to “Open House: Tradisi Negeri Jiran Di Bulan Syawal

  1. Batavusqu

    October 6, 2009 at 10:29 pm

    Salam Takzim
    Benar-benar enak tinggal di sana sebulan penuh 1 Syawal wisata kuliner gratis karena banyaknya open house
    Salam Takzim Batavusqu

     
  2. uminya anak2

    May 12, 2010 at 6:54 am

    wah, jadi pengen sekali2 tinggal di luar indonesia ..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: