RSS

Al-Ilmu

07 May

Ilmu in tholabtahu ghoziirun

Wal ‘umru ‘an tahshilihi qoshiirun

Fabda’ bil ahaam fal ahaam

Ilmu…, jika engkau mencarinya sangatlah luas

Sedangkan umur untuk mendapatkannya amatlah pendek

Maka mulailah dari yang terpenting kemudian yang penting lainnya

Penjelasan:

Bila kita merenungi syair diatas, maka benarlah bahwa ilmu itu sangat luas dan beraneka ragamnya. Sedan gkan umur kita (waktu kita didunia ini) adalah sangat terbatas terbatas untuk meraih mendalami semua ilmu-ilmu tersebut.

Maka syair tersebut memberikan saran pada kita semua, untuk mendahulukan ilmu yang paling terpenting dahulu, baru ilmu-ilmu yang penting lainnya yang dapat menunjang kemaslahatan hidup kita di dunia. Kalau kita mendalami makna “ter” dalam kata terpenting, maknanya biasanya tidak lebih dari satu atau tiada duanya. Jadi ada satu ilmu yang paling sangat penting yangmana kita harus pelajari dan fahami lebih dahulu sebelum memahami ilmu-ilmu yang lainnya. Sedangkan “yang penting lainnya”, bermakna ada ilmu-ilmu yang penting lainnya yang menunjang kemaslahatan hidup kita baik kehidupan didunia maupun hidup diakhirat kelak.

Kemudian apakah ilmu yang terpenting itu… ?

Jawabannya adalah ilmu Tauhid yaitu ilmu untuk mengenal Allah Ta’ala baik secara rubbubiyyah, ‘uluhiyyah maupun asma’ wa sifat Nya. Mengenal hak-hak Allah terhadap hamba-hambanya maupun kewajiban-kewajiban hamba terhapan Allah Ta’ala, dengan pemahaman dan pengamalan yang benar baik secara lahir maupun batin.

Kewajiban hamba kepada Allah adalah beribadah dan tidak menyekutukan Nya dengan sesuatu apapun. Adapun definisi ibadah menurut Syaikhul Islam Ibmu Taimiyah adalah:

Kullu af’al wa aqwal alladzi yuhibbuhullahu wa yardhohu adh-dhohiroh wa bathinah

Segala perbuatan dan perkataan yang dicintai dan diridhoi oleh Allah Ta’ala baik secara dhohir (nampak) maupun bathin (tidak nampak).

Sehingga hal-hal atau ilmu-ilmu yang berkaitan dengan ibadah ini menjadi wajib ‘ain bagi setiap individu muslim. Sebagaimana kaidah ushul fikih:

Maa laa yatimmu wajibun illa bihi fahuwa wajib

Kewajiban apapun yang tidak akan menjadi sempurna kecuali dengan suatu hal, maka suatu hal tersebut menjadi wajib hukumnya.

Bagaimana sholat yang benar, mengikut sunnah Nabi shallallahu ‘alaihi wassalam dan berdasarkan dalil-dalil yang akurat menjadi wajib bagi setiap individu muslim. Demikian juga ilmu yang berkaitan dengan puasa, zakat dan haji yang benar mengikut sunnah Nabi adalah juga merupakan kewajiban personal bagi setiap individu muslim. Ilmu mengenai sholat, puasa, zakat dan haji merupakan ibadah yang dhohir (nampak).

Kemudian apa contohnya ibadah yang bathin (tidak nampak) itu..?. Khauf (perasaan takut), raja’ (perasaan berharap), mahabbah (perasaaan cinta) dan yang lainnya yang menyangkut perasaan hati, merupakan contoh-contoh ibadah secara bathin. Sehingga setiap individu muslim wajib mengilmui bagaimana khauf, raja’ dan mahabbah yang benar, supaya terhindar dari khauf, raja’ dan mahabbah yang dilarang bahkan dimurkai oleh Allah Ta’ala.

Ada sebagian saudara kita yang menyepelekan untuk mempelajari hal-hal yang wajib ini berdasarkan dalil-dalil al-Qur’an dan al-hadits yang shahih. Malahan rela dengan hanya mengikut (taqlid) apa yang telah diamalkan oleh orang tua atau nenek moyang mereka tanpa mau berjerih payah mencari kebenaran atau keshahihan dasar-dasarnya. Bila kita mendapatkan saudara-saudara kita yang demikian, janganlah membuat ciut atau sedih hati kita. Ingatlah selalu kaidah dalam Islam:

Pahala itu sebanding dengan jerih payah yang telah diupayakan

Jadi amatlah beda pahala orang yang beribadah hanya dengan taqlid semata dengan seseorang yang beribadah berdasarkan ilmu yangmana ia telah berjerih payah untuk mendapatkannya. Bukankah buruan hasil tangkapan anjing yang terlatih halal hukumnya, sedangkan hasil buruan dari anjing yang tidak terlatih haram hukumnya…?. Semata-mata hal ini karena jering payah yang telah diupayakan untuk melatih anjing tersebut.

Al-Faqir Ilallah Ta’ala.

 
Leave a comment

Posted by on May 7, 2008 in Poems

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: