RSS

Kenalilah Dirimu

30 Apr

Artinya, engkau harus mengenali bakat dan potensi yang diberikan oleh Allah kepadamu. Lalu, manfaatkanlah sesuai dengan kodratnya masing-masing; baik dalam bentuk ilmu, amal, ataupun pekerjaan. Karena, betapapun setiap orang tahu tempat minumnya, setiap arah ada yang menujunya, dan manusia di bumi ini bermacam-macam jenisnya.

Orang yang berakal dan berpikir akan berhasil menguasai bidang yang digelutinya dengan tekun dan istiqomah. Setiap orang bisa karena biasa. Barangsiapa memperhatikan kehidupan para sahabat Rasulullah shollallahu ‘alaihi wassalam, niscaya akan mendapati bahwa setiap dari mereka memiliki keunggulan dibidangnya masing-masing. Abu Bakar radhiyallahu ‘anhu menjalankan roda kekhalifahan dan kepeminpinan dengan adil, zuhud, ikhlas dan jujur. Umar bin Khattab: keras terhadap musuh-musuhnya dan adil dalam pemerintahannya. Utsman bin Affan , seorang yang penyayang, selalu tahajud, sedekah, baik dengan sesama, pemalu dan lembut. Sedangkan Ali bin Abu Thalib, seorang yang berani, tegas, bicaranya lembut, cerdas dan menguasai ilmu agama dengan baik.

Ubay bin Ka’ab, tuan para fakir miskin. Muadz bin Jabbal; penghulu para ulama. Khalid bin Walid; panglima perang terkemuka. Ibnu Abbas; ahli tafsir al-Qur’an ternama. Hasan; tokoh kebanggaan para penyair. Zaid bi Tsabit; ulama faraid terbesar, dan Abu Hurairah; guru para periwayat hadits. Dan seterusnya.

Maka, fahamilah dirimu dan tekunilah kemahiran, pengalaman, pekerjaan, dan kehidupanmu.

Buku bisa menganjurkan hal-hal yang bijak, namun ia tidak pernah melahirkan orang-orang bijak. Orang-orang yang istimewa dalam ilmu dan seni, tidak hanya cukup belajar disekolah formal, namun mereka juga belajar di sekolah kehidupan.

Buku tentang cara berenang memang menguraikan cara-cara berenang yang baik, namun ia tidak dapat menjadikan orang yang tidak bisa berenang selamat dari tenggelam. Jalan keluar yang paling baik adalah turun ke sungai dan belajar langsung di dalamnya.

Demikian halnya dengan seorang orator. Ia tidak akan menjadi hebat hanya karena ia membaca berjilid-jilid buku seni berkhutbah. Ia akan menjadi orator yang hebat, jika ia pernah naik ke podium dan merasakan salah dan benar, gagal dan sukses, mencoba dan berlatih hingga mencapai puncat bakatnya.

Jika engkau ingin menjadi pakar di bidang tertentu, baik dalam bidang keilmuan, pekerjaan ataupun keterampilan, selamilah dirimu dahulu, larutlah di dalamnya, terbakarlah dalam kecintaan padanya hingga engkau merasakan kerinduan padanya. Sebab, setiap manusia yang merindukan sesuatu pasti akan berusaha keras meraihnya sendiri, sebagaimana dikatakan dalam syair Arab:

Lelaki sejati adalah orang yang tidak butuh kepada lelaki lain

Jangan pernah berpikir bahwa semua kesuksesan akan mendatangkan keuntungan materiil yang melimpah di atas piring emas. Sebab, kemenangan terburuk adalah justru kemenangan yang diukur dengan keuntungan duniawi:

Kemenangan terburuk adalah kemenangan orang bodoh,

yang mengukurnya dengan keuntungan hasil dagangnya.

Kesuksesan yang berharga adalah kesuksesan yang diraih dengan kerja keras, keringat, kesulitan, air mata, darah, begadang, lelah, perjuangan dan pengorbanan.

Kalau tidak ada kesulitan, semua manusia pasti bahagia

Kemuliaan itu dicari, keberanian itu butuh pengorbanan.

Orang-orang tidak akan mengasihani orang yang gagal. Sebaliknya, orang jatuh akan dibenci. Maka, ada pepatah mengatakan: jika unta terjatuh, maka akan banyak pisau bermunculan. Adalah tabiat manusia; hanya menghormati orang-orang yang sukses saja. Karenanya, mereka akan memandangmu dengan hormat bila engkau adalah seorang yang alim, cerdas, kaya, menonjol dan memiliki keunggulan. Adapun bila engkau bodoh, gagal dan jatuh, niscaya mereka akan memandangmu sebelah mata:

Barangsiapa hina, akan selalu dihina

Tidaklah menyakitkan luka itu bagi orang yang mati.

Maka tempuhlah jalan kesulitan dan kelelahan agar engkau sampai pada kesuksesan. Jangan malas, lambat, menunda-nunda, dan hanya berangan-angan!. Karena, semua itu adalah faktor-faktor kegagalan. Sesungguhnya Allah mencintai para pekerja keras dan membenci para pecundang. Roti yang paling enak adalah roti yang didapat dengan cucuran keringat. Tidur yang paling pulas adalah tidur karena kelelahan. Kenyang yang paling baik adalah kenyang yang didahului oleh rasa lapar. Bunga mawar tidak mewangi hingga ia mekar. Dan sebongkah dupa tidak akan menebar wangi hingga ia terbakar.

Air yang tergenang akan berbau busuk dan berubah rasanya. Namun, jika ia mengalir, akan menjadi jernih dan segar rasanya. Memakan buruan anjing bodoh adalah haram hukumnya. Memakan buruan anjing yang terlatih adalah hukumnya. Karena ia telah diajar dan dilatih dengan susah payah.

Seorang penyair berkata:

Engkau ingin mencapai kemuliaan denganmudah

Tentu saja engkau harus merasakan sengatan lebah.

Maka bersegeralah sebelum engkau tutup usiamu!. Dan ingatlah bahwa tidak ada kata untuk istirahat siang dan malam.

Jangan katakan: anak muda masih panjang jalannya

Berapa banyak anak muda yang telah engaku kubur.

Source: Rahasia Sukses Orang-orang Besar,

Qisthi press.

 
Leave a comment

Posted by on April 30, 2008 in Motivation

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: