RSS

Kiat-Kiat Bagaimana Memanfaatkan Waktu

26 Nov

Waktu sangat demikian berharganya bagi mereka yang mengetahui tujuan hidup yang hakiki. Orang-orang yang sukses, baik dalam belajar, bisnis, atau kegiatan apapun biasanya mereka sangat-sangat peduli dalam pemanfaatan waktu. Dalam postingan berikut ini akan dijelaskan tip-tip bagaimana memanfaat waku dengan baik, berharap dengan tulisan ini, kita bisa lebih peduli dalam menjaga waktu-waktu kita supaya tidak merugi atau menyesal dikemudian hari.

1. Menyadari nilai waktu dan keterbatasannya.

Jika demikian masalahnya, dan waktu tidak mungkin dapat diperpanjang atau dikurangi serta nilai waktu itu terletak sejauh mana mempergunakannya dengan baik, maka kita harus memelihara waktu tersebut dan mempergunakannya dengan sebaik-baiknya.

2. Menentukan sasaran.

Betapa sia-sianya waktu seorang pembaca yang membaca apa yang ada di tangannya tanpa ada sasaran tertentu, seperti membahas tema tertentu atau mempelajari masalah tertentu.

Betapa capeknya orang yang menempuh perjalanan tanpa suatu tujuan. Ia hanya berjalan dari satu jalan ke jalan lainnya, dari satu lorong ke lorong lainnya tanpa suatu tujuan.

Menentukan tujuan dapat menghasilkan banyak manfaat, dan membuat manusia beraktifitas dalam kehidupan ini berdasarkan petunjuk. Setiapkali ia dihadapkan banyak masalah, maka ia mengetahui bagaimana ia memilih sesuatu yang sesuai dengan tujuannya dan menjauhi yang tidak sesuai kehendaknya. Mereka yang tidak menentukan tujuannya dan membiarkan waktu berlalu begitu saja, maka sedikit sekali kebaikan yang dihasilkan dari mereka.

Manusia yang hidup tanpa tujuan adalah laksana kapal yang berlayar dilautan tanpa nahkoda, sehingga akan mudah diombang-ambingkan ombak.

Satu hal yang perlu diingat dalam masalah ini bahwa orang yang paling banyak bekerja adalah orang yang paling luas waktunya. Itu terjadi karena mereka menentukan tujuan mereka, memanage waktu pekerjaan mereka agar meraih hasil dan tidak mempergunakan waktu mereka dalam keraguan, kebingungan dan kerusakan.

3. Bersungguh-sungguh dan penuh keikhlasan agar sampai tujuan.

Menentukan tujuan saja tidaklah cukup, tetapi harus disertai juga dengan kesungguhan dan ketulusan, sehingga ia akan sampai kepada tujuan yang diinginkan dengan waktu yang relatif pendek.

4. Tepat waktu, jangan menunda-nunda.

Menunda sesaat dari waktu yang telah ditentukan, sama saja dengan menyia-yiakan beberapa saat dari waktu bekerja. Pekerjaan yang tertunda jarang bisa dikerjakan dan kalaupun dikerjakan, maka jarang sekali dapat dikerjakan dengan baik seperti halnya kalau dikerjakan tepat pada waktunya.

Mengulur waktu akan membawa kepada salah satu dari dua hal

a. tergesa-gesa dalam pekerjaan dan tidak teliti; sebagai kompensasi untuk menggantikan waktu yang telah hilang.

b. memakan waktu yang sebenarnya diperuntukkan untuk tugas lainnya.

5. Pandai memanfaatkan waktu senggang dan istirahat.

Ini bukan berarti kita harus bekerja terus-menerus tanpa henti dan tidak menyisakan sesaatpun untuk beristirahat dan berkumpul bersama keluarga. Tapi yang dimaksudkan adalah hendaknya kita mempergunakan waktu luang atau istirahat tersebut supaya kita mampu bekerja lagi.

Mempergunakan waktu luang dengan baik merupakan sarana hidup terpenting yang perlu diperhatikan dan difikirkan, sebab kebanyakan umur kita ini hilang dengan percuma, karena kita tidak tahu bagaimana mempergunakan waktu-waktu yang luang itu sebagaimana mestinya.

6. Harus tahu bagaimana memulai pekerjaan.

Ini adalah masalah terberat yang dihadapi seseorang, sebab berapa banyak waktu yang terbuang percuma untuk memikirkan hal itu.

Sebagai contoh, seorang pelajar hendak mempelajari pelajarannya. Ia berfikir, pelajaran mana yang harus ia mulai. Ia berfikir akan memulai dengan kitab atau buku ini atau buku itu. Kemudian fikiran itu menyulitkannya, akhirnya ia memutuskan untuk membaca selainnya. Demikian seterusnya ….

Ia telah mempergunakan waktu lama sebelum memulai sengan sungguh-sungguh. Memang…, memulai sesuatu itu biasanya sulit, karena kurangnya berlatih. Karena memulai sesuatu berarti berpindah dari kesantaian yang menyenangkan menuju pekerjaan yang berat.

Solusinya sangat banyak, yang terpenting adalah memohon pertolongan Allah, meminta saran, dan segera menentukan pilihan bila masalahnya menghendaki demikian. Kemudian ia berfikir sebelum bekerja tentang mana yang harus didahulukan, mempelajari yang paling prioritas, kemudian berikutnya lagi dan seterusnya. Setelah itu bertekad bulat tanpa keraguan, dan tidak memperkenankan nafsunya merubah tekadnya semula, apapun kesulitan yang dihadapinya.

Orang yang melihat bahwa memulai sesuatu itu sulit baginya dan ia melihat nafsunya tidak mau bekerja, maka yang paling bermanfaat baginya adalah membaca satu bab buku yang dapat memotivasinya untuk bekerja, sepenggal syair yang dapat membangkitkan kecenderungannya untuk bersungguh-sungguh dan mengembalikan semangatnya, menghadirkan dalam benaknya akan natijah (hasil) kesungguhan dan kemalasan, atau mengingat tokoh-tokoh yang memiliki kesungguhan dalam hidup ini dan seterusnya.

Apabila memulai pekerjaan, hendaknya seseorang mengembalikan cita-citanya semula dan memulai dengan sepenuh hati. Kemudian memilih tempat yang jauh dari kebisingan, tidak banyak pemandangan yang dapat melalaikannya dari pekerjaan dan tidak banyak godaan yang dapat menghalanginya dari pekerjaan itu.

Kemudian setelah itu hendaklah melakukan pekerjaan tersebut secara berkesinambungan.

Termasuk salah satu unsur yang dapat memotivasinya untuk bekerja adalah pekerjaan yang sesuai dengan kecenderungan dan bakat yang dimilikinya, sehingga dapat merasakan manfaatnya. Karena salah satu faktor terpenting yang menyebabkan kebosanan ialah salah dalam memilih pekerjaan.

Al-Himmah Al-’Aliyah Mu’awwiqatuha wa Muqawwimatuha, (Menumbuhkan Optimisme; Motivasi dan Hambatan); Muhammad bin Ibrahim Al-Hamd.

About these ads
 
2 Comments

Posted by on November 26, 2008 in Motivation

 

2 responses to “Kiat-Kiat Bagaimana Memanfaatkan Waktu

  1. eko

    December 26, 2008 at 6:05 am

    kiat2 yg bagus..jazaakaLlah khoir

     
  2. meilana

    December 27, 2008 at 11:18 am

    ahlan wa sahalan akh Eko…miss to meet u… blog nte learning96.blogspot.com bagus juga. Banyak hal ana perlu belajar pada nte utk mperbaiki blog ana. Jazakallah khoiron kunjungannya.

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 31 other followers

%d bloggers like this: